Kamis, 05 Juni 2014

Jalan2 Ke Kebun Binatang Surabaya (Gimana Keadaannya?)

Assalammu’alaikum
Selamat malam KIKOSer
Sekarang Reyko mau ngasi liputan soal  “jalan-jalan” ke Kebun Binatang Surabaya atau KBS. Reyko sama temen (Tata) tanggal 5/6/14 ke KBS, ini bener2 di luar rencana. Mau tauu liputannya? Apa benar KBS se kacau and seburuk berita2 di luar sana?
Cuz liputannya.


          Terakhir kalu Aq ke KBS kalau nggak salah waktu SMP. Sebenernya waktu KBS kena masalah, dari hewan2 yang mati, pengelolaaan yang buruk, n dll, Aq mau ke KBS, pengen lihat secara langsung kondisi KBS. Waktu tahun lalu Aq denger di radio, ada narasumber yang di datengin buat ngomongin masalah KBS. Jadi narasumber ini bilang, orang2 terlalu lebay dan membesar-besarkan masalah di KBS, jadi orang ini menghimbau buat warga ngebuktiin sendiri dan dateng ke KBS biar tau kondisi yang sebenarnya. Nah dari omongan orang ini Aq jadi kepancig pengen ke KBS, biar bisa lihat langsung and ngasi liputan ke KIKOSer. Sayangnya baru ke sampai’an kemarin,eheheh.

          Okee Aq bahas dari awal yaa, sebelum masuk KBS. Pastinya beli tiket dulu #DiLemarKIKOSerKacang.
Tiket masuk buat orang di atas 3th 15rb. Hemm menurut Aq sihh harga masih wajar. Aq ama Tata ke KBS sekitar jam 2an lah. Siang2 apalagi hari aktif, KBS sepiii yang bayak dateng malah orang dewasa, anak2nya dikit.


Berubahh


          Pertama masuk uda pada binggung kita ber-2 mau di mulai dari mana jalan2 kita ini. kita ambil rute kawasan burung2 dulu akhirnya.ahahha. waktu jalan KBS nggak jauh beda sama terakhir kali Aq ke sini, mungkin bedanya sekarang jadi lebih rimbun. Harus di akuin sih, buat penghijauan KBS cukup bagus.

          Nah waktu jalan, Aq nemuin tempat yang nggak asing. Tempat ini dulu ada ikan pari sama Dugong (Epik) yang di tempatin di kolam bundar yang dalem banget. Waktu kecil, Aq takut kalau liat ikan di tempat ini, soalnya takut jatuh. Sayangnya sekarang tempat ini uda kosong nggak terawat. Kata ibu2 yang jual, ikan sama dugongnya uda lama mati. Kalau KIKOSer sempat ke KBS, cus deh sayang banget tempat dugong ini, mana nggak terawat di biarin gitu aja. Sebenernya kita masih bisa naik ke atas, tapi Aq takut.ahaha.
          Jalan agak ke belakang lagi, ada ini....


Oke tampak dari luar keliatan ehmmm~~~ yah bisa KIKOSer simpulkan dari foto yaa.
Ternyata masuk ke dalem lebih serem lagi. Aq berasa kayak di tempat uji nyali. Sebelum masuk ke bagian ikan2, di sebelah kiri ada ular, iguana, sama kura2. Kolam kura2nya agak kotor sihh, jadii Aq simpulin mungkin belum sempat di bersiin.ahahah.

          Buat kandang iguananya gede sihh, tapi tumpukan kayu2 nggak jelas dan gak ketata baik, jadi kesannya berantakan. Abis puas liat di luar, ayoo mulai ke dalem KIKOSer, tempat uji nyalinya...eee tempat ikan2 nya.

          Aq tebar foto yaa, KIKOSer bisa nyimpulin deh.




Kalau Aq sih, sayang banget tampat ini nggak ke rawat. Banyak lampu2 Aquarium yang mati, lampu penerangan ruang juga minimalis. Ada juga Aquarium yang kosong. Buat KIKOSer yang mau masuk sini, Aq saranin jangan sendirian. Aq aja takut, hawanya pengap n suram ~_~. Kata Tata, kasian ikan2nya. Emang sih ikannya keliatannya sehat. Keliatan dari mata aq loo ya.hahah, tapi tempatnya seharusnya lebih cerah n menarik. Kalau memang konsep Aquariumnya rada temaram gitu lampunya, bisa di kasi penerangan khusus, jadi jatuhnya bagus. Kayak di ancol n beberapa tempat liburan lain yang ada Aquariumnya.

          Di kawasan air2 ini, ada juga buaya, Sama penyu. Sayang kolam penyunya agak penuh ama kangkung yang di sebar. Oyaa penyu hijaunya bener2 ijo loo KIKOSer. waktu Aq liat lumut di cangkangnya banyak banget, sampai Aq ngiranya itu batu yang lumutan.ckckck. Setau Aq, seharusnya tempurung/cangkang mreka bisa di bersiin n di gosok.

          Abis main di dunia air, Aq jalan ke hewan2 mamalia. Di kawasan ini pohonnya bagus2 tapi sayangnya bau. Sejauh Aq lihat, hewannya sehat, nggak kurus2 banget. Tapiii....sayangnya kandangnya yang nggak banget.

          Abis itu ada macan, ini kucing gede montok banget. Sama beruang madunya. Mereka gendut2, walaupun kandangnya hampa. Sejauh ini belum nemuin hewan kurus kering, mungkin yang kurus2 uda mati waktu heboh2nya berita KBS.

          Ada juga museum, tapi sayang waktu Aq ke sini uda tutup. Gajah yang biasanya bisa di naikin juga nggak ada, nggak tau antara uda nggak ada wahana naik2 gajah, atau gara2 nggak terlalu banyak pengunjung. Puter2 KBS ini capek sangat, secara luas banget kan. Untungnya banyak kursi2 yang di sediain buat duduk2 santai, pohon2nya juga rimbun jadi nggak kepanasan waktu jalan2.

          Paling Aq sama tata suka dari semua bagian di KBS ini, area wisata perahu. Ada juga bebek gowes yang kita naikin sendiri.ahahah. di area ini ada sungai buatan, tapi peraunya nggak ada. Padahal pengen naik, kalau KIKOSer ke area ini pasti puas deh foto2. Tempatnya lebih adem n rimbun, pohon2nya juga bagus. Paling enggak walaupun masih ada kekurangan di KBS, tempat ini masih ada poin plusnya.ehehh, tempat hijau yang seger di Surabaya.

          Sudah capek puter2, kita keluar KBS jam 4 lebih, ini KBS uda mau tutup. Para pegawai juga pada pulang. Semoga dengan banyaknya kejadian di KBS, banyaknya liputan and berita soal KBS, bisa buat pihak2 yang bertanggung jawab mengelola lebih menjaga Kebun Binatang yang Surabaya punya.

          Kalau penghijauannya uda bagus, fasilitas buat hewan, kandang, makananan, n perawatan buat hewan2nya juga harus di perhatikan. Tolong jangan di korupsi jugaa...kasian~~
Rada sedih sih, sebenernya KBS bisa lebih baik dari sekarang, kalau pihak yang mengelola n yang bertanggung jawab bisa tegas dan cepet memperbaiki KBS. Biar icon SBY jadi nambah, tujuan wisata di SBY juga nambah. Buat KIKOSer yang berlibur ke KBS, tolong jaga kebersihan yaa, jangan buang sampah sembarangan. Uda cukup banyak tempat2 sampah yang di sediain. Jangan jadiin KBS tempat pacaran, ahahh. Secara kalau siang (bukan hari libur) KBS sepi, yahhh siapa tau kan.



Ini salah satu fasilitas di KBS


          Sekian liputan dari Reyko, semoga bermanfaat. Ayo jaga milik kita bersama.


PS: Reyko ke KBS Cuma 1 hari aja, jadi bisa berubah suasana n kebersihan kalau di hari2 libur. Bisa juga nanti kalau KIKOSer ke sana, nemuin hewan2 yang kurus. Bisa juga KIKOSer nggak sependapat ama liputan ku. KBS bisa berubah sewaktu-waktu. Bisa lebih baik atau lebih buruk (doain yg terbaik lah~~)


Thanx To:
-          Tata/Agus/Eji: ahahah makasi uda mau liburan bareng, padahal niatnya nyari buku yaa~~malah belok ke sini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar